Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Friday, October 5, 2018

Contoh Seni Rupa Terapan Dan 15 Gambar Karya Yang Dihasilkan

Seni rupa terapan yakni suatu seni yang hasil karyanya mempunyai 2 nilai fungsi sekaligus, yaitu fungsi mudah dan fungsi estetis. Fungsi mudah terkait dengan bagaimana karya dari seni ini dipakai secara mudah dalam kehidupan sehari hari, sedangkan fungsi estetis terkait dengan nilai-nilai keindahan yang terkandung dalam karya seni tersebut. Pada artikel kali ini, kita akan membahas seputar contoh seni rupa terapan beserta gambar dari karya yang dihasilkan dari masing-masing cabang seni tersebut. Silakan disimak!

Contoh Seni Rupa Terapan

Ada beberapa cabang seni yang bersama-sama merupakan teladan seni rupa terapan namun sering kali kita lupakan. Beberapa cabang seni tersebut antara lain seni arsitektur, seni ilustrasi, seni grafis, seni dekorasi, dan seni kriya.

 yakni suatu seni yang hasil karyanya mempunyai  Contoh Seni Rupa Terapan dan 15 Gambar Karya yang Dihasilkan

1. Seni Arsitektur

Seni arsitektur atau seni bangunan yakni cabang seni yang bergerak di bidang pembuatan bangunan baik berupa gedung, rumah, daerah ibadah, dan lain sebagainya. Selain mengutamakan kekuatan dari bangunan yang dibuat, para arsitek sebisa mungkin juga memasukan nilai-nilai estetis ke dalamnya sesuai dengan prinsip prinsip seni rupa yang diinginkan. Contoh seni rupa terapan yang satu ini menghasilkan beberapa karya antara lain rumah adat, daerah ibadah, daerah tinggal, bangunan kantor, bangunan tanah, dan lain-lain.


2. Seni Ilustrasi

Seni gambaran yakni seni yang menghasilkan karya berupa gambar atau gambaran untuk memperinci atau menjelaskan naskah atau teks yang sulit dimengerti. Contoh dari seni terapan yang satu ini menghasilkan karya berupa gambaran dalam buku bacaan siswa Sekolah Dasar, karikatur politik, buku pelajaran, cerpen, iklan, dan lain sebagainya.

3. Seni Desain Grafis Terapan

Seni desain grafis terapan yakni sebuah seni yang menghasilkan gambar atau lukisan yang dibentuk memakai perangkat elektronik modern. Gambar atau lukisan yang dihasilkan umumnya berkhasiat sebagai media komunikasi contohnya ibarat yang sanggup kita lihat pada poster iklan, spanduk, banner, dan lain sebagainya. Seni desain grafis juga sanggup dikategorikan sebagai contoh seni rupa modern.

 yakni suatu seni yang hasil karyanya mempunyai  Contoh Seni Rupa Terapan dan 15 Gambar Karya yang Dihasilkan

4. Seni Dekorasi

Seni dekorasi juga merupakan salah satu teladan seni rupa terapan. Seni ini dipakai untuk mempercantik atau menghiasi suatu ruangan biar tampak lebih menarik dan anggun. Bukan hanya itu, dari sisi praktis, seni dekorasi juga menciptakan penggunaan dari sebuah ruangan menjadi lebih mudah, terutama kalau penggunaan ruangan tersebut terbatas pada suatu tujuan tertentu.

5. Seni Kriya Terapan

Seni kriya yakni seni kerajinan tangan yang karyanya sanggup dipakai untuk kepentingan praktis. Berdasarkan materi pembuatannya, seni kriya dibagi menjadi beberapa cabang antara lain kriya logam, kriya kayu, kriya kulit, kriya tekstil, kriya batu, dan kriya keramik. Sedangkan menurut teknik pembuatannya, teladan seni rupa terapan ini dibagi menjadi kriya ukir, kriya tenun, kriya pahat, kriya anyaman, dan kriya bordir. Adapun beberapa benda yang merupakan hasil seni kriya ini sanggup dengan gampang kita jumpai, antara lain watu akik, wayang, kain, perkakas logam, dan lain sebagainya.

Nah, demikianlah beberapa teladan seni rupa terapan yang sanggup kami sampaikan. Dapat diambil kesimpulan bahwa seni rupa terapan ternyata sanggup ditemukan pada beberapa cabang seni yang antara lain seni arsitektur, seni ilustrasi, seni desain grafis terapan, seni dekorasi, dan seni kriya terapan. Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »

Post a Comment