Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Friday, October 12, 2018

Fakta Ihwal Kuntilanak Dan Asal Seruan Penampakannya

jenglot, dan lain sebagainya. Namun meski begitu populer, ternyata belum banyak yang tahu perihal fakta-fakta tersembunyi perihal kuntilanak beserta asal usul kuntilanak terkait penampakannya. Nah, menyadari hal itu, berikut kami telah sajikan beberapa fakta seputar kuntilanak khusus untuk Anda yang ingin lebih tahu.

Asal Usul Kuntilanak

adalah hantu endemik Asia Tenggara yang kepopulerannya mengalahkan hantu Fakta perihal Kuntilanak dan Asal Usul Penampakannyakuntilanak.JPG" height="auto" title="Fakta perihal Kuntilanak dan Asal Usul Penampakannya" width="100%" />

1. Menangis dan Tertawa dalam Waktu yang Tak Diduga

Salah satu fakta yang paling fundamental dari keberadaan kuntilanak yaitu ia sering kali menangis dan tertawa dalam waktu yang tak sanggup diduga-duga ketika menampakan diri. Beberapa diantaranya akan menangis terlebih dahulu dengan sedu sedan dan bunyi yang lirih,baru kemudian ia akan tertawa terkekek-kekek sehabis seorang yang ditakut-takutinya menyadari keberadaannya.

2. Menyukai Bangunan Setengah Jadi

Banyak kasus menyebutkan kalau bangunan rumah atau gedung setengah jadi yang belum rampung dibangun atau rumah yang sudah usang tidak dihuni merupakan tempat yang paling disukai oleh kuntilanak untuk menampakan dirinya. Selain itu, bangunan yang sepi dan tak berpenghuni ketika malam hari menyerupai sekolah, rumah sakit, atau gedung-gedung pemerintahan juga beberapa kali menjadi tempat terjadinya fenomena penampakan hantu yang sanggup diundang dengan lagu Lingsir Wengi ini.

3. Mengganggu Wanita Hamil

Wanita hamil berdasarkan moral dan istiadat orang Jawa merupakan orang yang paling rentan menerima gangguan dari sosok hantu kuntilanak. Kuntilanak bahkan dipercaya sanggup mencuri janin yang ada dalam kandungan seorang ibu terutama mereka yang usia kehamilannya sudah tua. Untuk mencegah hal ini, masyarakat moral Jawa berkepercayaan kalau ibu hamil sebaiknya selalu membawa benda tajam menyerupai gunting, paku atau pisau. Benda-benda tajam menyerupai ini dianggap merupakan benda-benda yang ditakuti oleh kuntilanak dan sanggup mencegah gangguan kuntilanak pada ibu hamil.

4. Mencuri Bayi

Kuntilanak tergolong hantu yang paling menyukai anak kecil terutama bayi yang usianya belum genap 1 tahun. Mereka akan mencuri bayi-bayi yang disukainya dari siapapun. Bayi itu akan dirawat dan dijaga olehnya menyerupai anaknya sendiri. Bagi perempuan yang mempunyai anak bayi terutama yang tinggal di tempat yang sarat dengan mitos seputar kuntilanak dianjurkan untuk tidak meninggalkan anak bayinya sendiri, apapun alasannya.

5. Menyukai Pohon Waru Doyong

Kuntilanak diketahui sangat menyukai pohon  waru besar sebagai tempat mainnya. Waru yang tumbuh miring atau dalam istilah Jawa dikenal dengan sebutan Waru Doyong biasanya menjadi tempat terjadinya fenomena penampakan kuntilanak. Inilah yang menyebabkan mengapa pohon waru dyong tidak akan dipelihara oleh orang-orang Jawa. Mereka akan segera menebang pohon-pohon waru mereka yang doyong sebelum kuntilanak tahu dan menempatinya.

Nah, demikianlah informasi dan fakta seputar kuntilanak beserta asal usul penampakannya. Semoga bermanfaat dan bila ada yang mengetahui fakta lain seputar hantu perempuan ini, silakan membuatkan dengan kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Previous
Next Post »

Post a Comment