Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Wednesday, November 14, 2018

Dongeng Fabel Burung Hantu Dan Belalang

 yaitu Portal Edukasi yang memuat artikel perihal dongeng Dongeng Fabel Burung Hantu dan B Dongeng Fabel Burung Hantu dan Belalang
Scud Story yaitu Portal Edukasi yang memuat artikel perihal dongeng Dongeng Fabel Burung Hantu dan Belalang, Dongeng Anak Indonesia, Cerita Rakyat Legenda Masyarakat Indonesia, Dongeng Nusantara, Cerita Binatang, Fabel, Hikayat, Dongeng Asal Usul, Kumpulan Kisah Nabi, Kumpulan Cerita Anak Indonesia, Cerita Lucu,Tips Belajar, Edukasi Anak Usia Dini, PAUD, dan Balita.

Jaman dahulu, di sebuah hutan hidup Seekor burung hantu tua. Suatu saat ia keluar dari sarangnya alasannya merasa terganggu mendengar seekor belalang bernyanyi dengan sangat berisik.

"Kau tak punya moral ya? Setidaknya hormatilah aku, alasannya usiaku. Biarkan saya tidur tenang," kata burung hantu renta kepada belalang, "Diamlah atau pergilah segera!"

Baca Cerita Dongeng Ini Selengkapnya :
Belalang mengacuhkan ucapan burung hantu tua. Soalnya, belalang merasa berhak untuk tetap di daerah sambil terus bernyanyi. Yang ada malah belalang bernyanyi lebih keras. Memekakkan telinga.

Burung hantu renta tahu tak mempunyai kegunaan berdebat dengan belalang. Tubuh rentanya membuatnya sulit bergerak cepat. Karena itu, beliau berkata baik-baik kepada belalang, "Baiklah, ketimbang berdebat lebih baik saya mengalah. Mari kunikmati nyanyianmu di sini, kini juga. Oiya, saya mempunyai banyak masakan dan minuman di sarangku. Bila kau sudah tamat bernyanyi kemarilah. Nikmati masakan dan minuman ini bersamaku."

Belalang itu mengikuti ucapan burung hantu tua. Sewaktu berada dalam jarak yang cukup, burung hantu renta segera menerkam belalang. Mati dimakanlah belalang bodoh.
Scud Story memuat dengan lengkap unsur-unsur dan kaidah baku dalam menyajikan dongeng dan dongeng, mencakup unsur Intrinsik yaitu mencakup Tema, Amanat/Pesan Moral, Alur Cerita/Plot, Perwatakan/Penokohan, Latar/Setting, dan Sudut pandang. dan kadang disertai unsur Ekstrinsik Cerita. Untuk berguru memahami itu semua, coba adik-adik tebak dari dongeng diatas temanya apa, tokohnya siapa dan settingnya dimana, ayo siapa yang tahu?.

Previous
Next Post »

Post a Comment