Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Friday, November 16, 2018

Kancil Dan Raja Singa

Scud Story ialah Portal Edukasi yang memuat artikel ihwal Kancil dan Raja Kancil Dan Raja Singa
Scud Story ialah Portal Edukasi yang memuat artikel ihwal Kancil dan Raja Singa, Dongeng Anak Indonesia, Cerita Rakyat dan Legenda Masyarakat Indonesia, Dongeng Nusantara, Cerita Binatang, Fabel, Hikayat, Dongeng Asal Usul, Kumpulan Kisah Nabi, Kumpulan Cerita Anak Indonesia, Cerita Lucu,Tips Belajar, Edukasi Anak Usia Dini, PAUD, dan Balita.

Tersebutlah sebuah desa kecil tempat para binatang yang berjulukan Alas Roban. Di desa itu dihuni oleh beberapa keluarga binatang. Dan salah satunya ialah keluarga pak Kancil, ia hidup bersama isterinya. Pada waktu itu istri pak kancil tengah hamil tua. Dan pada hari yang di sudah tunggu-tunggu oleh keluarga kecil itu,ahirnya lahirlah seekor bayi pria yang melengkapi kebahagiaan keluarga kecil itu.

"Kita kasih nama siapa bu?".Tanya pak kancil. "Bagaimana kalau kita beri nama Kancil Junior saja pak?".Jawab bu istrinya. "Lho? Apa tidak terlalu aneh?".Kata pak kancil heran. "Hahaha..Kenapa harus heran pak? Nama ialah sebuah do'a.. Dan ku harap dengan memberi anak kita nama Kancil Junior, suatu ketika nanti ia bisa menjadi orang besar dan pandai menyerupai bapaknya.. "Hehehe..Benar juga kata mu bu. Aku oke dengan nama itu..Yah,moga-moga saja ketika ia besar nanti ia mewarisi kecerdasan ibunya juga ".Kata pak kancil. "Dan juga kelincahan dan kegesitan bapaknya.. ".Sambung bu istrinya menimpali.

Dan semenjak ketika itu,di mulailah kehidupan si kancil kecil yang di didik dengan kasih sayang oleh keluarganya. Dia tumbuh menjadi kancil yang cerdas dan lincah,dan di desa kecil itu pun si kancil selalu terlihat menonjol di antara belum dewasa binatang lain. Bahkan di sekolah pun si kancil populer sebagai anak yang cerdas,bahkan ia selalu menerima ranking satu. Yah..Walau tak sanggup di pungkiri ia juga sedikit nakal dan nakal sebab terlalu ceroboh dan gampang penasaran.

Pada suatu hari, si kancil mengajak teman-temanya untuk berjalan-jalan keluar desa. Dia sangat ingin tau dengal hal apa saja yang ada di luar desanya. Si kelinci dan si bajing yang selalu menjadi sobat setianya mengikutinya dari belakang.

"Cil..Apa kita tak terlalu jauh dari desa?Yuk kita pulang saja yuk..Aku takut..".Kata si kelinci. "iya cil..Kata ibu ku,area di luar desa tidak aman. Daerah ini di kuasai oleh para berandal yang di juluki the Lion". Kata bajing menimpali. "Halah..Kalian gak usah takut,kan ada aku..Emangnya ada apa dengan para Lion itu?".Tanya kancil. "Mereka itu ialah kelompok singa yang suka memakan bangsa lain, kadang mereka juga masuk ke desa kita. Pimpinan mereka sangat menyeramkan,bertubuh besar dan bercakar serta bertaring tajam. Itulah yang membuatnya sangat di takuti dan di segani,karena sangat jarang yang bisa lolos dari pemburu hidup-hidup..".Kata bajing menjelaskan. "Ah..Masa? Kalo cuma lolos dari pemburu saja..Itu urusan kecil..". "Jaga verbal mu bocah..Kau tak tahu di mana kau berada. Ini tempat kekuasaan ku".Tiba-tiba sebuah bunyi memotong perkataan kancil. Dalam sekejap tempat itu telah di kepung para Singa, mereka menghampiri kancil dan kawan-kawan.

"Sungguh anak kecil yang pemberani tapi ceroboh..Kau berani menghina ku di tempat kekuasaan ku..".Kata pemimpin Singa itu. "Lho..Memang kau ini siapa? Emang hutan ini milik bapak mu?".Jawab kancil santai, sementara kedua temanya menggigil ketakutan di belakangnya. "Lancang sekali kau bocah..!! Lihat baik-baik diri ku.. Dengan badan yang besar dan kuat. Nama ku melegenda..Akulah binatang terkuat di wilayah ini, akulah satu-satunya binatang yang bisa lepas dari para pemburu..Akulah pimpinan the Lion". Jawab Singa itu dengan penuh gaya..

"Huuaahmmmm.....Sampai ngantuk saya dengernya..Udah ngocehnya? Terus kalau kau pimpinan Lion, emangnya kenapa? Terus kalo kau punya nama the king kong raja simpanse emang kenapa? Terus kalo kau pernah bebas dari para pemburu saya harus apa? Harus bilang "Wooww..!!" gitu? Sudahlah paman,paman singa gak usah sok nakut-nakuti aku. Lagian semua kisah ihwal paman juga belum ada buktinya..Kalo cuma kabur dari pemburu saja saya juga bisa paman. Jangankan cuma di tangkap,di bawa hingga rumah mereka saja saya juga masih bisa pulang..".Raja Singa sangat terkejut mendengar tanggapan kancil itu, bahkan semua singa dan kedua sobat kancil ikut terdiam di buatnya.

"Hmm..Besar juga verbal mu bocah..Kalau begitu,bagaimana kalau kita bertaruh untuk menandakan ocehan mu..".Kata raja Singa. "Boleh..Emang taruhan paman apa kalau saya menang? Dan pastinya sih saya bakal menang.. ".Jawab kancil enteng. "hahaha..Aku suka gayamu bocah.. Sangat percaya diri dan bersemangat..Tapi juga sangat ceroboh.. Baiklah..Apapun yang kau minta katakan pada ku..". "Oke..Aku gak minta yang aneh-aneh.. Aku cuma minta kalau saya menang, paman dan para gerombolan paman dihentikan jadi berandal lagi. Dan tentunya dihentikan menjarah barang yang bukan haknya, mulailah hidup dengan baik.. Dan yang kedua..Jika saya berhasil lolos, paman dan para gerombolan paman..Harus menceritakan kisah ihwal diri ku kesemua penjuru Alas roban ini. Agar semua tahu ihwal kisah ku.. Bagaimana paman Singa? Setuju?".Tanya kancil. "Hahaha..Dasar kau bocah yang aneh.. Kau mempertaruhkan nyawa mu hanya untuk hal sebodoh itu? Kau tak berminat jadi raja menggantikan ku?". "Tidak paman..Cuma itu aja.. Lagian saya juga gak minat jadi raja..Kebanyakan mikir,takut botak. Dan lagi takut gendut sebab kebanyakan makan, misalnya menyerupai perut paman..Hehehe".Kata kancil.

"Huahahahaha..Gue suka gaya loe bocah..Baru kali ini saya bertemu bocah bernyali besar menyerupai mu..Baiklah,aku sanggupi undangan mu.. Sekarang buktikan semua ocehan mu barusan..Atau kau akan menyesal dikarenakan telah berani mempermainkan aku..".Ancam Raja Singa. "Oke..Siapa takut..Sekarang antar saya di mana tempat perangkap para pemburu..".Kata kancil menyanggupi.

"Cil..Kamu yakin mau melaksanakan ini? Itu sangat berbahaya lho cil, sama saja kau mengantar nyawa. Lebih baik kita lari saja dan pulang ke desa".Bisik kelinci dan bajing pada kancil. "kalian damai saja kawan-kawan..Aku niscaya baik-baik saja. Aku punya seribu satu rencana,kalian tak usah hawatir. Kalian tunggu saja saya di sini..".Kata kancil menenangkan kedua temanya.

Akhirnya dengan di pandu seekor singa anak buah raja Singa, si kancil berjalan menuju tempat perangkap berada. Perjalanan yang tidak mengecewakan jauh,karena letak perangkap itu berada di pinggiran hutan. "Nah..Kita sudah sampai, saya hanya bisa mengantarmu hingga sini saja. Itu ia letak perangkapnya..Kamu lihat daun-daun kering itu? Jika kau menginjaknya..Maka sebuah akan menjerat kaki mu hingga kau akan terperangkap.. Aku akan mengawasi mu dari sini untuk memastikan kau benar-benar terperangkap oleh tali itu, kemudian saya akan pergi menghadap raja untuk melapor".Kata singa pemandu itu menjelaskan.

"Ok..Cuma hal yang simpel.. Baiklah,kamu tunggu di sini. Aku akan menuju ke arah perangkap itu..Gitu aja kok repot".Kata si kancil sambil berlalu.

Kemudian si kancilpun menuju ke arah perangkap itu dan menginjaknya,hingga kakinya terjerat dan terikat terbalik di atas pohon. Setelah memastikan si kancil benar-benar terjebak dan tak sanggup lepas, singa pemandu pun kembali untuk melapor ke rajanya. "hmm..Jadi bocah itu benar-benar melakukanya?". Tanya raja. "Benar paduka..".Jawab singa pemandu. "Benar-benar bocah yang bernyali besar,aku salut dan akan berkabung untuk kematianya sebagai ungkapan rasa penghormatan ku..".Kata raja Singa.

Sementara si kelinci dan Tupai hanya bisa menangisi nasib yang menimpa kancil. Mereka tak menerka si kancil akan mati dengan cara yang mengenaskan. Sementara itu di tempat lain..Si kancil masih tergelantung di atas perangkap. Sudah berkali-kali ia berusaha melepaskan diri, tapi tetap tak berhasil melepaskan kakinya dari jerat tali itu. "Ternyata tali ini benar-benar erat.. Aku tak bisa lepas sendiri.Wah..Bisa-bisa saya benar-benar tertangkap pemburu nih.. Aku harus cepat-cepat cari akal..".Gumam kancil. Ketika si kancil sedang berfikir keras,tiba-tiba tiga ekor elang hinggap di pohon itu. "Kamu sedang apa cil? Kenapa kau bisa ada di tempat ini?Ini kan sudah terlalu jauh dari desa..".Tanya ketiga merpati itu serentak.

Kancil menyerupai mengenali bunyi itu,itu menyerupai bunyi sobat lamanya. Lalu ia pun melihat ke atas pohon.. "Elang?! Kenapa kau bisa ada di sini?".Kata kancil senang sekaligus terkejut. "Aku sedang cari makan, kemudian saya melihat mu tergelantung. Memangnya ceritanya gimana kok hingga kau bisa terjebak di perangkap ini?".Tanya si Elang.

Lalu kancil pun menceritakan semua hal yang ia alami kepada elang itu. "Nah..Kamu sudah tahu ceritanya. Sekarang saya membutuhkan bantuanmu sebelum para pemburu datang..".Pinta kancil. "Apa yang bisa saya lakukan untukmu cil?".Tanya Elang. "Kamu buanglah kotoran di tubuhku sebanyak-banyaknya,kalau bisa lumuri seluruh badan ku dengan kotoran kamu. Kalian tak usah tanya alasanya apa, yang penting lakukan saja. Dan sehabis itu,cepat-cepat kalian pergi sebelum para pemburu datang..".Perintah kancil. Elang pun segera melaksanakan perintah si kancil,setelah semua final dan di rasa cukup..Dia kemudian terbang meninggalkan si kancil.

Tak usang sehabis elang pergi, para pemburu datang. Mereka melihat badan si kancil yang tergantung terkena perangkap mereka. "Hei lihat apa yang kita tangkap..Seekor kancil..".Kata pemburu 1. "hmm..Tapi tampaknya kancil itu sudah membusuk,mungkin sudah beberapa hari ia terjebak dan mati kelaparan. Kita kan sudah hampir satu ahad tidak melihat perangkap gara-gara kita pergi ke kota menjual hasil panen. Lihat saja..Tubuhnya sudah berbau busuk dan di kerubungi banyak lalat..".Kata pemburu 2.

"Wah..Sepertinya benar kak..Lalu mau kita apakan bangkai ini?".Tanya pemburu 1. "Ya kita turunkan kemudian kita buang ke hutan biar di makan harimau, memangnya bangkai busuk mau kita apakan lagi? Setelah itu kita pasang lagi perangkapnya..".Jawab pemburu 2. "Baik kak..".Kata pemburu 1 kemudian melepaskan tali perangkap yang menjerat si kancil. Kemudian badan si kancil mereka gotong dan di buang ke hutan kemudian mereka tinggalkan. Setelah memastikan para pemburu sudah pergi,si kancil yang dari tadi akal-akalan mati segera bangun. Dia merasa lega sebab rencananya benar-benar berhasil. Si kancilpun kemudian membersihkan diri di sungai dan pulang menemui raja kong untuk menagih taruhan mereka.

Kontan saja para Singa dan kedua temanya di buat terkejut dengan kembalinya si kancil,lebih-lebih raja Singa. Dia hampir tak percaya dengan apa yang di lihatnya,bahkan sikancil bisa pulang tanpa ada luka sedikit pun..

"Hai paman Singa.. Sekarang tepati akad mu..Lihat,aku menang taruhan menyerupai yang ku katakan..Hehehe ".Kata kancil. "Ba..Ba..Bagaimana kau bisa lolos? Sungguh di luar duga'an..Tak masuk akal..".Tanya raja Singa tergagap tak percaya. "hehehe..Sudah..Tak perlu saya jelaskan.Sekarang yang penting saya sudah menandakan omongan ku dan kini paman harus menepati akad paman..". Jawab kancil.

"Hahahaha..Kau memang punya banyak kejutan bocah..Sebagai raja,aku akan menepati akad ku. Aku dan semua rakyat ku tidak akan menjarah lagi..Dan saya akan berbagi semua kisah mu keseluruh pelosok hutan, semoga mereka mengalmu dan mengetahui akan kehebatanmu. Tapi bocah..Aku belum tahu siapa nama mu..Dan harus ku panggil apa diri mu dalam kisah ku?".Tanya raja Singa. "Sebut saja nama ku..Kancil Junior.. Lalu sehabis kejadian itu, kancilpun mengajak kedua temanya kembali ke desa. Sungguh petualangan yang melelahkan.

Scud Story memuat dengan lengkap unsur-unsur dan kaidah baku dalam menyajikan kisah dan dongeng, mencakup unsur Intrinsik Cerita Dongeng yaitu mencakup Tema Cerita Dongeng, Amanat/Pesan Moral Cerita Dongeng, Alur Cerita/Plot Cerita Dongeng, Perwatakan/Penokohan Cerita Dongeng, Latar/Setting Cerita Dongeng, serta Sudut pandang Cerita Dongeng. dan kadang disertai  unsur Ekstrinsik Cerita atau Dongeng.


Previous
Next Post »

Post a Comment