Mengenal dan Memahami Budaya Indonesia, upacara adat, pelet, wayang, mitos dan legenda, rumah adat, pakaian adat, Asal Usul Sejarah Borobudur, Nenek Moyang, Tari Rumah Adat, Hindu, Budha, Islam, Majapahit, Merah Delima, Pusaka, Pocong, Kuntilanak, Nyi Roro Kidul

Friday, November 16, 2018

Rubah Dan Ayam Yang Pandai

Scud Story ialah Portal Edukasi yang memuat artikel ihwal Dongeng Rubah d Rubah dan Ayam Yang Pandai
Scud Story ialah Portal Edukasi yang memuat artikel ihwal Dongeng Rubah dan Ayam Yang Pandai, Dongeng Anak Indonesia, Dongeng Bahasa Sunda, Cerita Rakyat dan Legenda Masyarakat Indonesia, Dongeng Nusantara, Cerita Binatang, Fabel, Hikayat, Dongeng Asal Usul, Kumpulan Kisah Nabi, Kumpulan Cerita Anak Indonesia, Cerita Lucu,Tips Belajar, Edukasi Anak Usia Dini, PAUD, dan Balita.

Di sebuah desa kecil hiduplah seorang petani dan seekor ayam betina. Suatu sore, seekor rubah mengedap-endap di samping rumah pak tani. Pak tani sedang sibuk memasukan kayu bakar ke dalam dapur. Si Rubah bersembunyi di balik pagar, beliau memasang telinganya baik-baik, memperhatikan gerak-gerik Pak Tani. Kemudian pelan pelan ia berusaha merangkak masuk ke dalam sangkar yang berada di samping dapur, Rubah berhenti sejenak sekali lagi untuk mendengarkan bunyi di sekelilingnya. Akhirnya ia berhasil masuk dengan menggali lubang di bawah sangkar ayam, ia kemudian memperhatikan sangkar yang gelap itu sambil mengendus-endus mencari ayam kegemarannya. haru unu beliau sudah sangat lapar alasannya ialah sudah dua hari tidak menemukan buruan.

Dengan matanya yang tajam karenanya dapat melihat seekor ayam betina yang sedang berdiam diri di atas tangga yang agak tinggi, terperinci saja si ayam jauh dari jangkauannya. " Hai ayam yang baik!" rubah itu menyapanya dengan bunyi yang lembut. " Aku membawa beberapa biji bijian yang yummy untukmu. Maukah kau turun dan melihatnya?"

Tetapi ayam itu ialah ayam betina renta yang bijak. Ia telah sering melihat bagaimana ayam-ayam yang lain berhasil tertipu oleh hewan licik ini. Ia kemudian berkotek, "Aku tidak sedang lapar sekarang. Terimakasih!"
Rubah, sang ayam hanya terdiam dan beliau berpikir sejenak. "Ayam yang manis dan cantik," kata si rubah,"Aku mendengar bahwa kau sedang sakit dan saya ingin tahu keadaanmu. Turunlah ke sini, akan saya periksa denyut nadimu."

Tapi ayam itu masih terlalu pandai baginya. " Betul, saya sedang sakit," ia mengakui. "Tetapi saya niscaya akan mati jikalau saya turun dari kawasan dudukku yang nyaman ini." mendengar itu si Rubah hanya terdiam dan tidak percaya dengan perilaku si ayam. " Wah... kenapa kini ayam jadi lebih arif ya..." Gumam si Rubah. " Baiklah ayam, kalau kau tidak mau saya tengok kini mungkin besok saya akan tiba lagi untuk melihat kesehatanmu ". Kata si Rubah sambil berlalu keluar kandang. Dalam hati si Rubah sangat kecewa juga malu, alasannya ialah tidak berhasil memperdayai si Ayam. Ayam hanya membisu dan hanya melihat si Rubah berlalu dari kandangnya.

Pesan Moral Dongeng Rubah dan Ayam Yang Pandai ialah : Janganlah kita berbuat jahat kepada sesama, alasannya ialah sekali saja kita berbuat jahat maka orang kan selalu ingat akan kejahatan yang kita lakukan. Seperti ayam yang selalu ingat akan kejahatan Rubah yang sering mencelakai kawanan ayam. Kita harus selalu hati-hati terutama dengan orang yang bermulut manis dan suka mengumbar janji, alasannya ialah kadang hanya di lisan saja.

Dongeng Bahasa Sunda Rubah dan Ayam Yang Pandai
Di hiji desa alit jumeneng saurang patani sarta hiji buntut hayam betina. Hiji sonten,Robih nyumput di sinjang bumi pak tani. Pak tani haturan rarepot memasukeun kai huru ka lebet pawon. Si Robih nyumput di mulih pager,anjeunna masangkeun ceulina sae-sae,nengetan unggut-gerik Pak Tani. Saterusna anca anca manehna perjuangan ngorondang lebet ka lebet sangkar anu aya di sinjang pawon,Robih liren sakedap kalintang deui kanggo ngadangu soanten di sakulibengna. Ahirna manehna junun lebet kalawan ngadongkar lombang handap sangkar hayam,manehna kaliwat nengetan sangkar anu poek pilari hayam kaseneng na. haru unu anjeunna parantos palay tuang pisan margi parantos dua dinten henteu mendak buruan.

Kalawan panonna anu seukeut ahirna iasa ningali hiji hayam betina anu haturan calik di luhur tangga anu rada luhur,tangtos wae si hayam tebih ti hontalanana. " Hai hayam anu sae! " robih eta menyapa hayam kalawan soanten anu lembut. " Kuring ngabantun sababaraha siki bijian anu raos kanggo anjeun. Dieu lungsur sarta lihatlah "

Nanging hayam eta teh hayam betina sepuh anu pinter. Manehna parantos sering ningali kumaha hayam-hayam anu sanes junun katipu ku sato licik ieu. Manehna kaliwat berkotek, " Kuring henteu haturan palay tuang ayeuna.hatur nuhun! "

Robih,sang hayam ngan ngahuleng sarta anjeunna mikir sakedap. " Hayam anu wangi sarta geulis," saur si robih," Kuring ngadenge yen anjeun haturan teu damang sarta kuring palay uninga kaayaan anjeun. Turunlah dieu,bade kuring pariksa denyut nadimu . "

Nanging hayam eta kalintang keneh singer haturan na. " Leres,kuring haturan teu damang," manehna ngajirim. " Nanging kuring tangtos bade pupus lamun kuring lungsur ti kawasan calik kuring anu merenah ieu. " ngadenge eta si Robih ngan molohok sarta henteu percanten kalawan daweung si hayam. " Wah... naha ayeuna hayam janten langkung arif nya... " Ngamanah si Robih. " Mangga hayam,menggah anjeun embung kuring tengok ayeuna manawi enjing kuring bade sumping deui kanggo ningali kasehatan anjeun " . Saur si Robih sambil langkung kajabi kandang. Dina manah si Robih kuciwa pisan oge lingsem,margi henteu junun linyok si Hayam. Hayam ngan cicing sarta ngan ningali si Robih langkung ti sangkar na.

Talatah Moral Dongeng Robih sarta Hayam Anu Pinter nyaeta : Ulah urang migawe jahat ka sasama,margi kalintang wae urang migawe jahat mangka jalmi pan sok emut bade kajahatan anu urang pigawe. Sepertos hayam anu sok emut bade kajahatan Robih anu sering migawe jahat dina hayam. Urang kedah sok manah-manah utamana kalawan jalmi anu bermulut wangi sarta seneng umbar jangji,margi sakapeung ngan di baham wae.

Scud Story memuat dengan lengkap unsur-unsur dan kaidah baku dalam menyajikan dongeng dan dongeng, mencakup unsur Intrinsik yaitu mencakup Tema, Amanat/Pesan Moral, Alur Cerita/Plot, Perwatakan/Penokohan, Latar/Setting, dan Sudut pandang. dan kadang disertai  unsur Ekstrinsik Cerita.


Previous
Next Post »

Post a Comment